Kabar Duka, Putri Tunggal Presiden Soekarno Kini Menjanda, Suaminya Meninggal di Pulau Dewata





    Semasa hidup Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno diketahui memiliki sembilan orang istri, salah satu istrinya bahkan seorang wanita Jepang.

    Ratna Sari Dewi Soekarno atau yang memiliki nama asli Naoko Nemoto, adalah wanita Jepang yang dinikahi oleh Soekarno.

    Naoko Nemoto menikah dengan Presiden Soekarno pada tahun 1962 dan mempunyai seorang anak perempuan.

    Dikutip Zonajakarta.com dari Kepustakaan Presiden Perpusnas.go.id, Dewi Soekarno dikaruniai seorang putri cantik dari pernikahannya dengan Soekarno.

    Ia adalah Karina Kartika Sari Dewi Soekarno.

    Karina dirawat oleh ibu kandungnya, Dewi Soekarno di Montainge Avenue, Paris, Perancis.

    Kala itu, Dewi Soekarno menyelamatkan diri dengan menetap di luar negeri usai peristiwa G30S PKI.

    Sebagai salah satu saksi hidup peristiwa G30S PKI, Dewi Soekarno merasa terancam.

    Ia akhirnya menyelamatkan diri ke luar negeri.

    Karina Kartika Dewi Soekarno pernah bersekolah di Prancis, lalu melanjutkan pendidikannya ke Swiss.

    Putri kandung Soekarno, Kartika Sari Dewi Soekarno Instagram @kartikasoekarnofoundation
    Setelah lulus sekolah Karina kembali ke negeri sakura, Jepang.

    Di Jepang, Karina bekerja sebagai jurnalis televisi di Tokyo.

    Kepindahan sang ibu, Ratna Sari Dewi ke Amerika Serikat turut membawa Karina.

    Di Amerika, Karina bekerja di biro iklan di New York City.

    Selama tinggal di Amerika Serikat, Karina juga bekerja di sebuah yayasan swasta.

    Pengalaman yang didapat membawanya Karina mendirikan yayasa sendiri, yang ia beri nama Kartika Soekarno Foundation (KSF).

    Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan dasar, kebudayaan, dan kesejahteraan ibu-anak Indonesia. Kantor pusat Yayasan Kartika Sari berada di Amsterdam, Belanda.

    Karina menikah dengan Presiden Citibank Eropa yang berasal dari Belanda, Frits Frederik Seegers, di Hotel Intercontinental Amstel, Amsterdam pada tahun 2005 lalu.


    Anak dan cucu Soekarno dari pernikahan dengan Dewi Soekarno Instagram @dewisukarnoofficial

    Dari hasil pernikahannya dengan Frits Frederik Seegers, Karina Kartika Dewi Soekarno dikaruniai seorang putra bernama Frederik Seegers Kiran Sukarno.

    Kini, kabar duka datang dari mantu Ir. Soekarno.

    Hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari akun Instagram @kartikasoekarnofoundation yang mengunggah sebuah video pada 6 Februari 2021.

    "Prayers

    Dear Karim, thank you for asking your favourite Ustad to say prayers for Frits, Kiran and myself. Kartika Soekarno Foundation mission is to improve the lives of Indonesian children. I am humbled with the prayers in the poorest parts of Surabaya. May my beloved Frits rest in peace.

    (Doa Dear Karim, terimakasih sudah meminta ustad kesayangannya mendoakan Frits, Kiran dan saya sendiri. Misi Yayasan Kartika Soekarno adalah meningkatkan taraf hidup anak Indonesia. Saya merasa rendah hati dengan doa-doa di daerah termiskin di Surabaya. Semoga Frits tercinta beristirahat dengan damai)," tulis akun Instagram @kartikasoekarnofoundation dalam unggahannya seperti dikutip Zonajakarta.com.

    Dalam video singkat tersebut, nampak seorang ustaz tengah memimpin doa untuk mendiang suami Kartika Sari Soekarno.

    "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke haribaan tuhan yang maha kuasa, Allah SWT, suami dari ibu Kartika Sari Soekarno, yaitu bapak Fritz Frederick Seegers yang telah meninggal pada tanggal 4 Februari, kita doakan agar arwahnya diterima di sisi Allah tuhan yang maha kuasa.

    Dan keluarga yang ditinggalkannya, ibu Kartika Sari Soekarno  bersama putranya, mas Kiran Seegers diberikan ketabahan dan keikhlasan, Al Fatihah...," ujar sang ustaz.

     

    Kabar duka tersebut juga disampaikan oleh janda Ir. Soekarno melalui unggahannya di akun Instagram @dewisukarnooficial yang memposting sebuah foto pada 6 Februari 2021.

    "Mengadakan ulang tahun ke-81 yang sederhana bersama keluarga saya, sebuah keluarga yang baru saja kehilangan suami dan ayah yang penuh kasih di Bali @kartikasoekarnofoundation," tulis akun Instagram @dewisukarnoofficial.

     

    ***ZJ